Monday 4 January 2010

Tugas Manajemen Proyek Dan Resiko

MATERI MANAJEMEN PROYEK DAN RESIKO
Dendy Mulya Kusuma
Sistem Komputer
UNIVERSITAS GUNADARMA

Abstraksi
       In building a project, either in small or large scale required a system that allows you to control the project. In running a project, it takes also a useful planning to learn operation of a business in the short term and long term. In order to memanajement a good business, it is necessary also to determine a direction Scheduling suatau development efforts. And monitoring necessary to run a business that can run well dimanajeman.

Pendahuluan
Sebelum memulai sebuah usaha/ proyek yang dibuat, perlu adanya materi-materi yang dibutuhkan. Ini merupakan awal untuk melakukan sebuah proyek, jika materi yang dibutuhkan untuk membangun usaha sudah didapat, seslanjutnya hanya memikirkan planning kedepannya untuk perkembangan proyek itu sendiri, dan tidak lupa dalam menjalankan sebuah usaha atau proyek, selalu ada resiko yang harus dihadapi. Salah satu hal yang dapat meminimalisasi ini dengan membangun sebuah manajeman agar semua masalah dalam menjalankan sesuatu dapat dipertimbangan besar kecilnya suatu kegagalan dalam menjalankan sebuah usaha.

Pembahasan
Sebuah proyek yang dapat menghasilkan sebuah barang atau jasa, seperti halnya industri kecil seperti waarung internet (warnet) yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat seiring kebutuhan untuk mencari informasi maupun hiburan semata. Dala menjalankan sebuah proyek ini harus dilandasi dengan tahapan-tahapan seperti tahap perencanaan proyek, tahap analisys, dan tahap pelaksanaan yang harus dikelola dengan baik. Adapun materi-materi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut:

Materi Manajemen Proyek Dan Resiko
Dalam membangun sebuah perencanaan proyek dan usaha kecil pada sebuah warnet (warung internet) diperlukan sebuah system-system yang dapat mengendalikannya. Adapaun tahapan-tahapan yang dibutuhkan adalah tahap perencanaan proyek, tahap testing, dan tahap pelaksanaan. Hal tersebut adalah inti untuk menjalankan sebuah proyek usaha. Dalam hal ini sebuah manajeman yang bagus untuk memperkecil kegagalan dalam menjalankan usaha apapun yang dijalani.
Dalam menjalankan sebuah usaha kecil maupun besar terdapat sebuah ganjalan seperti resiko-resiko yang harus dihadapi. Hal ini merupakan bagian utama dan tidapat dipisahkan dalam dunia usaha. Untuk memperkecil resiko yang ditimbulkan, maka perlu adanya sebuah system manajemant yang baik untuk menanggulangi masalah ini, sebab hal ini adalah faktor utama mundurnya usaha yang dijalankan, bahkan hal yang terburunya adalah kebangkrutan yang mengakibatkan usaha berhenti.

Artikel Manajemen Proyek
Pada saat ini teknologi semakin maju dan informasipun tidak terbatas lagi ruang lingkupnya. Seperti internet yang saat ini menjadi salah satu penyebar informasi yang banyak diminati dari berbagai kalangan. Jika hal ini kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendirikan usaha dalam hal pelayanan jasa seperti mendirikan sebuah warnet (warung internet).
Dalam menjalankan sebuah proyek usaha ini diperlukan sebuah komponen-komponen yang telah disebutkan diatas hal ini bertujuan agar proyek yang dijalankan berjalan dengan kainginan dan menunjukan progres yang tepat dan tidak berjalan di tempat.
• Tahap perencanaan proyek
Pada proyek ini dibutuhkan manajemen yang baik untuk pengelolaannya, seperti dalam hal menentukan tempat, hal ini berperan penting dalam menjalan kan sebuah usaha agartidak terjadinya persaingan usaha yang ketat, selain itu sarana dan prasarana penunjang seperti adanya ac (air conditioner) dan wc untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjung. Untuk memberikan pelayanan yang bagus dalam mengakses informasi tersebut diperlukannya sebuah koneksifitas yang memiliki kualitas yang bagus hal ini harus diimbangi dengan harga yang sesuai agar terjadi keseimbangan dalam menjalankan usaha ini.
• Tahap testing
Sebelum usaha dijalankan, diperlukan suatu test apakah semua berjalan dengan baik seperti susunan komputer, daya listrik yang cukup, dan kebutuhan pelengkap lainnya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadinya kesalahan pada saat usaha berjalan, seperti susunan komputer yang tidak teratur dan daya listrik tidak tercukupi sehingga memper hambat usaha yang dijalani.
• Tahap pelaksanaan
Jika semua telah tersusun dan dimanajemen dengan baik selanjutnya tinggal menjalankan usaha ini dengan baik dan tentunya tetap didalam manajeman yang baik dan terkontrol. Sehingga usaha yang akan dijalankan berkembang dengan siknifikan dan baik.

Artikel Manajement Resiko
Terdapat beberapa kendala jika menjalankan suatu usaha jika tidak dilandasi sebuah menejeman yang terkontrol. Kemugkinan resiko yang timbul bagitu besar. Pada hal ini usaha yang didirikan adalah sebuah warnet (warung internet) resiko dalam menjalankan usaha ini adalah kemungkinan adanya persaingan tempat usaha yang terlalu ketat dikarenakan salahnya mengambil tempat untuk usaha. Terjadinya kerusakan pada komputer dan komponen-komponennya karena kurangnya perawatan. Dan terhambatnya proses usaha yang dikarenakan koneksifitas untuk mengakses informasi melemah. Ini merupakan resiko yang harus dihadapi jika membangun sebuah proyek usaha warnet (warung internet)
Untuk meminimalisasi resiko yang terjadi dibutuhkan kinerja yang baik juga seperi resiko yang ditimbulkan oleh persaingan usaha, ini terjadi karena terdapat kesalahan dalam memilih tempat usaha, hal ini harus sangat diperhitungkan karena jika jarak antara suatu usaha yang sama tidak terlalu jauh hal ini dapat menimbulkan persaingan usaha, oleh kerena itu perhitungkan jarak tempat usaha yang sama dan tidak lupa mencari lokasi yang strategis untuk memudahkan para pengunjung mengetahui lokasi tempat usaha berada.
Pada resiko selanjutnya jika terdapat kerusakan komponen yang ditimbulkan oleh kurangnya perawatan ini salah satu faktor yang sering dialami, selain perawatan yang teratur diperlukannya juga himbawan terhadap para pengguna untuk berhati-hati menggunakannya agar meminimalisasi terjadinya kerusakan.
Untuk koneksifitas yang dibutuhkan harus sesuai dengan kebutuhan para pengguna sepertihalnya mendownload file-file yang besar maka diperukan juga koneksi yang besar, tentunya harus diimbangi dengan biaya yang harus dikeluarkan bagi para pengguna.

0 komentar :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates