Friday 26 March 2010

Teknik evalluasi

Teknik Evaluasi merupakan sebuah pengecekan kembali atas rancangan-rancangan yang telah dibuat, untuk melihat sejauh mana rancangan telah dibuat, maka dilakukan proses evaluasi yang berupa serangkaian prinip life cycle.
       Adapun tujuan dari teknik ini adalah:

  • Untuk mengetahui sejauh mana system berfungsi dan berjalan dengan proedur semestinya, ketika rancanagn sudah di rencanakan terlebih dahulu.
  • Untuk melihat efek atau pengaruh interface system terhadap penggunanya, hal ini bertujuan agar hasil yang di capai pun setimbang dan tidak sia-sia.
  • Untuk mengetahui jika ada permasalahan yang terjadi pada rancangan system yang telah dibuat. Hal ini dapat meminimalisir kesalah yang terjadi, agar tidak terjadi kesalahan yang fatal yang membuat system tidak bekerja dengan baik.
Semua segala data yang menjadi titik pusat pengamatan di sebut juga sebagai objek evaluasi yang merupakan sasaran utama dari taknik evaluasi terebut. Adapun perluasan tentang objek evaluasi ini dapat diperluas sebagai berikut:
  • Input
     Merupakan masukan dari data-data yang akan di evaluasi dalam system
Transformasi/proses
Proses yang bertugas mengolah data yang berupa bahan mentah manjadi dahan yang dapat di gunakan (Bahan jadi)
  • Output
   Merupakan alat untuk mengukur pencapaian hasil dari data yang dimasukan, hal ini dilakukan untuk menentukan tingkat keberhasilan dan pencapaian dari hasil yang dimasukan
  • Outcomes
   Hal ini berfungsi untuk melihat sejauh mana kualitas dan kuantitas dari hasil yang sudah dikeluarkan.
Jadi dapat kita simpulkan, Evaluasi adalah suatu karakteristik yang dimiliki oleh subject untuk menghasilkan sesuatu hal yang berbeda dengan tahapan-tahapan tertentu.
Dan tujuan dari teknik ini dapat berupa pertimbangan dari aspek kemudahan suatu system yang mengidentifikasi suatu subjek menggunakan perantara user, dengan cara memanaatkan informasi-informasi yang ada sebagai bahan utamanya.

0 komentar :

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates